genetik

Pendahuluan
Setiap makhluk hidup mempunyai sifat alamiah, yaitu berkembang biak agar jenisnya tidak punah.perkembangannya berlangsung pada dua jalan, vegetatif atau/ dan generatif. Melalui perkembangan vegetatif (aseksual), organisme yang terbentuk akan memiliki sifat yang identik dengan induknya. Melalui generatif (seksual), organisme yang terbentuk memiliki sifat beda dengan induknya. Karena merupakan penggabungan dua individu berbeda jenis kelaminnya. Melalui generatif akan terbentuk organisme yang mempunyai ciri perpaduan antara dua induknya atau dari keturunan induknya.
Orang yang pertama – tama melakukan percobaan perkawinan silang adalah George Mendel, dengan menggunakan kacang ercis (Pisum sativum). Memilih kacang ercis adalah pilihan yang efisien dan efektif untuk mengetahui perbedaan antara satu tanaman dengan lainnya. Tujuh sifat kacang ercis adalah :
1. Batang tinggi – rendah
2. Buah polongan berwarna hijau – kuning
3. Bunga ungu – putih
4. bunga terletak aksial – terminal
5. biji masak warna hijau – kuning
6. permukaan biji licin – berkerut
7. warna kulit biji abu abu – kuning

Mendel menyebut bahan keturunan adalah faktor penentu. Tetapi setelah masa Mendel, faktor penentu dikenal GEN. kromosom adalah pembawa fakktor keturunan. Pendapat ono diperkuat oleh percobaan T. Boveri dan W.S. Sutton (1902) yang membuktikan bahwa gen adalah bagian dari kromosom, teorinya dikenal dengan Teori Kromosom.

Sifat keturunan yang dapat diteliti (warna, bentuk, dan ukuran) disebut Fenotip. Sifat dasar yang tak tampak dan tetap tidak berubah karena lingkungan pada suatu individu disebut Genotip.Stern (1930) berpendapat bahwa faktor Gen dan Lingkungan dapat mempengaruhi sifat Fenotip.
F = G + E + (perpaduan GE)

Homozigot adalah individu yang genotipnya terdiri dari alel (sifat lawan, missal T alelnya t) yang sama. Homozigot dibedakan menjadi homozigot dominant (TT) dan resesif (tt). Heterozigot adalah individu yang genotipnya terdiri dari alel tak sama. Hasil perkawinan antara dua individu yang mempunyai sifat beda dinamakan Hobrid. hybrid terbagi atas, monohybrid, dihibrid, dan trihibrid.
Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari perkawinan individu dengan satu sifat beda adalah :
1. semua individu F1 adalah seragam
2. jika dominasi nampak sepenuhnya, maka individu F1 memili fenotip seperti induknya
3. pada waktu ondividu F1 yang heterozigotik membentuk gamet – gamet, terjadilah pemisahan alel, sehingga gamet hanya memiliki salah satu alel saja.
4. jika dominasi nampak sepenuhnya, mK perkawinan monohybrid (Tt x Tt) menghasilkan keturunan ya gmemperlihatkan perbandingan fenotip 3 : 1. dan perbandingan genotipnya 1 : 2 : 1.

Perkawina Resiprok
Perkawina Resiprok adalah perkawinan kebalikan dari perkawinan yang semula dilakukan. Contohnya adalah tanaman ercis Mendel,
– H merupakan gen buah polong berwarna hijau
– H merupakan gen buah polong berwarna kuning

Mula – mula dikawinkan tanaman ercis berbuah polong hijau dengan polong kuning. Semua tanaman F1 berbuah polong hijau. Keturunan F2 memisah dengan perbandingan fenotip 3 hijau : 1 kuning. Pada perkawinannya digunakan serbuk sari dari tanaman berbuah polong kuning dan diberikan pada tanaman berbauh polong hijau.

Perkawinan Balik (Backcross)
Perkawinan antara individu F1 dengan induk beetina atau jantan.
– B = gen utnuk warna hitam pada marmot
– b = gen utnuk warna putih pada marmot
jika marmot hitam heterozigotik BB dikawinkan dengan warna putih, maka keturunan F1 seragam, yaitu Bb berwarna hitam.
Jika dilakukan perkawinan balik adntara marmot F1 dengan induk jantan (hitam), maka semua marmot F2 berwarna hitam, meskipun genotipnya berbeda. Dua individu dapat memiliki fenotip sama tapi berbeda genotip.

Uji silang (Testcross)
Uji silang pada individu monohybrid menghasilkan keturunan yang memperlihatka perbandingan 1 : 1. uji silang biasanay digunakan untuk menguji kemurnian suatu individu apakah homozigotik atau heterozigotik.

2 Responses to “genetik”

  1. Dan Says:

    yang kedua dong mas,

  2. Dan Says:

    yang kedua dong mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: