PROSESOR AMD VS INTEL

Banyak orang yang membeli suatu produk berdasarkan harga, merk, dan mayoritas. Seperti misalnya dalam membeli note book. Note book dibuat bukan hanya oleh satu perusahaan dan komponen-komponennya pun beraneka ragam antar satu note book dan note book lainnya. Seprti misalnya prosesor pada note book “ INTEL”, masyarakat awam telah terdoktrin bahwa Intel adalah prosesor yang bagus, bahkan ada sebagian orang yang tak mengetahui bahwa Intel adalah prosesor yang perusahaan yang membuatnya pun berbeda dengan si pembuat Laptop.

Ada lagi kejanggalan yang lain mengenai PC, ada orang yang ingin membeli note book baru, malah menanyakan operator sistemnya XP atau Vista atau lainnya. Padahal yang namanya barang baru sudah pasti hanya berisi dasarnya saja, misalnya hanya berisikan LINUX atau Ms Dos. Namun si penanya itu belum mengetahui bahwa operator system itu bisa dirubah sesuai kapasitas PC nya. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan secara ringkas tentang salah satu masalah – masalah yang ada di atas, yaitu tentang prosesor.

Persaingan mikro prosesor yang ada di pasaran dunia saat ini adalah mikro prosesor tingkat tinggi, AMD Phenom X4 & Intel Core 2 Quad. Kedua mikro prosesor tersebut memiliki 4 otak pengatur operasional PC yang masing – masing memiliki kelebihan tersendiri.

AMD Phenom X4

Phenom X4 adalah Processor buatan AMD yang memiliki 4 Inti di dalamnya. Phenom X4 memiliki code name Agena. Code name disini berfungsi untuk membedakan Teknologi yang dimiliki oleh tiap-tiap processor. Phenom X4 menjadi yang pertama yang memiliki “True” Quad Core design atau biasa di sebut Monolithic Multi-Core (4 Core yang dimiliki sama-sama terbuat dari Silicon Wafer). Tiap Core yang dimilikinya juga berbasiskan K10 microarchitecture atau Family 10h Processor, Seperti itulah AMD biasa menyebutnya.

AMD meluncurkan processor jenis barunya yang telah berganti dari model lama processor yang lebih mengutamakan kecepatan menjadi processor yang lebih mengutamakan penghematan daya. Procesor Phenom yang lebih mementingkan penghematan  daya biasanya diakhiri dengan huruf “e” di akhir nomor modelnya(contoh Phenom X4 9100e) dan untuk Sempron processor menggunakan seri LE (contoh Sempron LE-1200) dan yang lain mengikuti.

Pada awal peluncuran AMD Phenom X4 telah di temukan Buff pada Translation Look a side Buffer nya yang menyebabkan Bios tidak dapat membuka TLB dan mengurangi kemampuan processor sampai 10%. Kemudian setelah AMD ditemukan Buff tersebut, AMD meluncurkan Processor terbarunya yang telah disempurnakan. Processor yang telah lepas dari Buff ini berseri “XX50”

Khusus untuk Phenom 9950 Black Edition, AMD tidak mengunci multiplier dari CPUs/article dari CPU ini dengan harapan para pecinta overclock akan melirik prosesor yang beroperasi pada clockspeed 2.6GHz dan mengkonsumsi daya tidak lebih dari 140 W.

Untuk kedepannya AMD merencanakan mengeluarkan Processor berteknologi 45nm. Mereka adalah Daneb FX untuk Phenom FX, Daneb for Quad Core Processor. Heka untuk Triple Core Phenom Processor dan Ragor untuk Athlon X2. Diperkirakan akan luncur akhir tahun 2008 dan awal Tahun 2009. Dengan dukungan DDR 3 dan L3 Cache yang lebih besar (6MB shared) akan menggunakan Socket AM3 untuk Singel processor systems dan Socet F+ untuk Quad FX Platform.

INTEL PENTIUM CORE 2 QUAD

Core 2 Quad adalah Salah satu processor buatan intel yang  memiliki 4 Core didalamnya. Tidak seperti Phenom X4 yang memiliki “True” Quad Core Design, Core 2 Quad memiliki Multi Core Modul design dan terbuat dari dua buah separate silicon dies. Sama seperti AMD, Intel juga memiliki code name masing-masing pada setiap seri dari processor yang di ciptakannya.

Untuk teknologi dapat kita liat, processor yang di luncurkan pada akhir 2007 sudah mengadopsi Teknologi 45nm terbaru dari Intel. Sedangkan yang sebelumnya masih mengadopsi teknologi 65nm. Code name yang dibelakanya memiliki inisial XE merupakan processor extreme  edition milik Intel yang di ciptakan untuk gamming tingkat tinggi dan program–program yang membutuhkan processor yang sangat cepat. Tidak hanya untuk desktop, Intel pun menciptakan processor untuk Laptop.

Pada Kentsfield dan Ketsfield XE masih menggunakan Teknologi lama Intel yaitu Teknologi 65nm sedangkan pada Yorkfield dan Yorkfield XE sedah memaksimalkan kemampuannya dengan teknologi terbaru 45nm.

Kentsfield

Kentsfield merupakan processor Quad Core pertama dari Intel. Kentsfiekd merupakan code name dari seri Core 2 Quad Q6xx0. Mempunyai teknologi 65nm dan berjalan bada FSB 1066MT/s dan mempunyai L2 cache sebesar 8MB dan mengadopsi daya tidak lebih dari 95w. Salah satu processornya adalah Core 2 Quad Q6600.

Kentsfield XE

Kentsfield XE merupakan seri Extreem dari seri Kentsfield. Kentsfield XE merupakan code name dari seri Core 2 Quad QX6xx0. Masih mengadopsi Teknologi 65 nm akan tetapi Kentsfield ini sudah berjalan pada FSB 1333MT/s dan mempunyai L2cache sebesar 8MB dan mengadopsi daya tidak lebih dari 130w. Salah satu processornya adalah Core 2 Quad QX 6700.

Yorkfield

Yorkfield merupakan code name dari seri Core 2 Quad Q9xx0. Sudah mengadopsi teknologi 45nm dan berjalan pada FSB 1333MT/s dan memiliki L2 cache sebesar 6MB x 2 shared. Salah satu processornya adalah Core 2 Quad Q9300.

Yorkfield XE

Yorkfield XE merupakan seri Extreem dari seri Yorkfield. Yorkfield merupakan code name dari seri Core 2 Quad QX 9xx0. Sudah mengadopsi teknologi terbaru 45nm dan berkerja pada fsb 1333MT/s terkecuali seri QX9770 keatas karna sudah bekerja pada FSB 1600MT/s dan pastinya lebih cepat dari teknologi sebelumya dan mempunyai L2 cache sebesar 12MB. Salah satu processor nya adalah Core 2 Quad QX9300 dengan FSB 1333MT/s dan Core 2 Quad QX9770 dengan FSB 1600MT/s.

Perbedaan yang tidak terlalu mencolok memang antara seri biasa dan seri Extreem nya. Tetapi salah satu kelebihan dari seri Extreem adalah pada multipliers nya yang tidak di kunci sehingga kita dapat menseting sendiri kecepatan processor sesuai yang kita inginkan.

Berhati-hatilah pada pemilihan Motherboard karena, walaupun  semua Core 2 Quad memiliki socket LGA 775 tetapi Teknologi yang di anutnya sangatlah berbeda. Karena itu setiap pembelian Motherboard, kita harus mengetahui Teknologi yang dimiliki oleh processor yang kita punya. Dan kita juga harus melihat FSB dari processor yang kita punya supaya tidak terjadi kesalahan.

Untuk kedepannya Intel akan meluncurkan processor yang memiliki code name Nehalem. Nehalem sendiri pun mengadopsi Teknologi terbaru 32nm dengan Chipsets X58. Dan pada Tahun 2011, Intelpun akan merilis processor dengan teknologi 22nm.

Dari penjelasan di atas, persaingan Intel dan AMD begitu signifikan. Namun ada beberapa orang yang kurang begitu mengetahuinya. Mereka adalah kalangan awam yang harus dibimbing. Karena, sebagian mereka hanya mengikuti pasaran mayoritas. Misalnya yang mereka tau hanyalah Intel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: